Jumat, 10 Agustus 2012

Beranda » » Inilah 8 Negara Dengan Peraturan Menyetir Aneh

Inilah 8 Negara Dengan Peraturan Menyetir Aneh

Inilah 8 Negara Dengan Peraturan Menyetir Aneh

Beda negara beda peraturan. Begitu juga dengan peraturan menyetir saat di negara-negara lain. Inilah 8 negara dengan peraturan menyetir yang aneh dan lucu, namun wajib dipatuhi saat Anda sedang berlibur ke sana.

Peraturan menyetir bisa sangat ketat di beberapa negara. Kebanyakan, peraturan yang diberlakukan terdengar aneh dan kadang lucu. Meski begitu, jangan main-main dengan peraturan ini karena denda dan hukuman yang cukup serius. Ditengok dari News.com, Rabu (8/8/2012) inilah 8 negara dengan peraturan menyetir yang aneh:

1. Thailand

Negara Gajah Putih ini memberlakukan sebuah peraturan unik. Semua pengemudi laki-laki tidak boleh melepas pakaian saat menyetir. Jika Anda jenis turis yang senang bertelanjang dada saat liburan, urungkan niat saat liburan ke Thailand. Berbeda dengan laki-laki, pengemudi wanita tidak diberlakukan peraturan khusus. Diasumsikan, wanita juga tidak boleh telanjang dada saat sedang menyetir di sana.

2. Bulgaria

Di Bulgaria, pengemudi wajib membawa beberapa barang penunjang keamanan mobil yang umum seperti segitiga hazard dan kotak P3K. Namun ada juga bawaan wajib yang terbilang aneh. Pengemudi juga wajib membawa rompi terang yang berwarna oranye atau hijau.

Satu lagi yang tak kalah aneh, pengemudi wajib membawa tabung pemadam kebakaran di dalam mobil yang sedang dikendarai. Selalu cek mobil sewaan yang ingin Anda gunakan di sana, jangan sampai membayar denda karena tidak membawa barang-barang wajib tersebut.

3. Saudi Arabia

Negara ini memiliki peraturan yang dinilai banyak merugikan kaum wanita. Di Saudi Arabia, wanita tidak diperbolehkan menyetir. Meski bisa menyetir, semua wanita wajib jadi penumpang dan tidak diperbolehkan mengemudi.

Saudi Arabia merupakan satu-satunya negara yang tidak memperbolehkan wanita mengemudi mobil sendiri. Jadi bagi wanita yang ingin berlibur ke sana, jangan sekali-kali duduk di kursi kemudi.

4. Swiss

Bagi Anda yang senang dengan wisata salju, pasti suka dengan Swiss. Negara di Eropa Barat ini memiliki peraturan yang tak kalah unik. Jika menyetir dan menggunakan kacamata hitam, Anda wajib membawa pasangan kacamata tersebut. Ya, Anda tidak boleh hanya memiliki satu kacamata hitam, minimal bawa 2.

5. Cyprus

Jangan sekali-kali menenggak minuman kala mengemudi di Cyprus. Apapun minumannya, apapun alasannya, minum saat menyetir adalah suatu pelanggaran. Jika benar-benar haus, ada baiknya Anda menepi dan minum dalam keadaan mobil berhenti. Jangan lupa hal ini ya saat berlibur ke Cyprus!

6. Spanyol

Spanyol memiliki beberapa peraturan aneh yang akan membuat Anda bertanya-tanya. Saat belanja, Anda tidak boleh menaruh barang-barang belanjaan di kursi belakang mobil. Wanita juga tidak diperbolehkan menyetir dengan lingerie.

Traveler wajib tahu, ada peraturan unik mengenai parkir mobil dan tanggal. Di beberapa daerah di Spanyol, mobil hanya boleh parkir di depan rumah bernomor ganjil di tanggal ganjil. Begitu juga untuk tanggal genap, mereka hanya boleh parkir di rumah bernomor genap.

7. Swedia

Hampir mirip dengan peraturan di Indonesia, kendaraan wajib menyalakan lampu depan saat sedang berkendara di Swedia. Jika di Indonesia motor yang wajib menyalakan lampu, di Swedia mobil lah yang harus menyalakan lampu. Saat berlibur di sana, jangan sampai lupa menyalakan lampu mobil ya!

8. AS

Ada peraturan serius yang turis wajib tahu saat berkendara di Amerika Serikat. Jika ditilang dan keluar dari mobil, pengemudi bisa ditembak karena alasan keamanan. Jika ditilang, tunggu di dalam mobil hingga polisi datang menghampiri. Satu lagi yang tak boleh terlupa, jangan buka sabuk pengaman sebelum polisi menghampiri Anda.