Senin, 11 Februari 2013

Beranda » » 11 Februari dalam sejarah

11 Februari dalam sejarah

Tanggal 11 Februari ribuan tahun silam, dunia mencatat puluhan ragam sejarah. Mulai dari peristiwa, kelahiran tokoh penting dan kematian. Ada bencana alam, penemuan obat penting, politik hingga perang. Di antaranya adalah:
Kemenangan revolusi Islam Iran
11 Februari tahun 1979, sepuluh hari setelah kembalinya Imam Khomeini dari pengasingan beliau di Paris, akhirnya Revolusi Islam Iran berhasil meraih kemenangannya. Pada hari ini, kendali pemerintahan Iran secara penuh berhasil diambil alih oleh Imam Khomeini.
Perdana Menteri rezim Shah, Shapour Bakhtiar melarikan diri ke luar negeri dan militer Iran menyatakan diri bergabung dengan rakyat dan revolusi.
Hari itu, radio dan televisi Iran yang telah diambil alih oleh kekuatan revolusi, untuk pertama kalinya mengudara dengan membawa pesan-pesan revolusi. Dengan demikian, berakhirlah masa kepemimpinan raja-raja Iran yang tiran dan despotik, yang telah berlangsung selama 2500 tahun.
Nelson Mandela dibebaskan dari penjara
11 Februari tahun 1990, Nelson Mandela, pemimpin perjuangan bangsa kulit hitam dalam melawan politik rasialis di Afrika Selatan, setelah 27 tahun dipenjara, akhirnya meraih kebebasan.
Mandela dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh rezim apartheid Pretoria akibat aktivitasnya dalam memperjuangkan hak-hak bangsa kulit hitam.  Namun, perjuangan bangsa kulit hitam Afrika Selatan tidak berhenti dengan ditahannya Mandela.
Menguatnya perjuangan warga kulit hitam, ditambah dengan tekanan dari dunia internasional, membuat rezim Pretoria terpaksa membebaskan Mandela.
Setahun kemudian, Mandela dan berbagai unsur politik di Afsel mengadakan perundingan dan sepakat untuk mengadakan pemilu multiras pada tahun 1994. Dalam pemilu ini, partai Partai African National Congress yang dipimpin Mandela berhasil meraih suara terbanyak dan Mandela diangkat sebagai presiden kulit hitam pertama di Afsel.
Vatikan meraih kemerdekaan
11 Februari tahun 1929, dengan ditandatanganinya Perjanjian Lateran antara Vatikan dan Italia, kota Vatikan secara resmi meraih kemerdekaannya. Dalam gerakan penyatuan Italia pada tahun 1870, wilayah kekuasaan para pemimpin gereja juga dimasukkan ke dalam wilayah Italia.
Namun, gereja Katolik Roma tidak menerima hal ini dan timbullah konflik antara gereja dengan kerajaan Italia yang akhirnya diselesaikan dengan perjanjian Lateran. Perjanjian ini ditandatangani oleh Kardinal Gaspari yang mewakili Pius XI  dan Benito Mussolini yang mewakili Raja Victor Emmanuel III.
Dalam perjanjian ini, Italia mengakui negara baru bernama Vatikan City yang berdaulat dan independen. Italia juga menjamin pelayanan publik di Vatican City. Perjanjian Lateran ini tetap diakui meskipun setelah perang Dunia Kedua, sistem kerajaan Italia berakhir dan berubah menjadi negara republik.
Gunung Huascaran di Peru Meletus
11 Februari 1962 gunung Huascarán atau Nevado Huascarán di Cordillera Blanca, Peru meletus. Kala itu lebih dari 4.000 orang meninggal dunia. Gunung Huascarán termasuk bagian dari Andes Barat dan merupakan gunung tertinggi di Peru dan keempat di Amerika Selatan. Ketinggiannya mencapai 6.768 meter.
Puncak gunung ini dicapai untuk pertama kalinya pada tahun 1932 oleh sebuah ekspedisi gabungan Jerman – Austria. Sedangkan puncak utaranya (Huascarán Norte) telah berhasil dicapai oleh sebuah ekspedisi Amerika Serikat pada tahun 1908.
Di sekeliling gunung, terdapat Taman Nasional Huascarán yang merupakan lokasi populer untuk kegiatan trekking dan mountaineering.
Insulin Digunakan Pertama Kali Untuk Manusia
11 Februari 1922, pertama kalinya Insulin digunakan untuk mengobati Diabetes pada pasien manusia. Insulin dalam Bahasa Latin insula yang berarti pulau. Karena diproduksi di Pulau-pulau Langerhans di Pankreas, yang merupakan sebuah hormone polipeptida yang mengatur metabilosme karbohidrat.
Kadar insulin yang rendah akan mengurangi penyerapan glukosa dan tubuh akan mulai menggunakan lemak sebagai sumber energi. Insulin digunakan dalam pengobatan beberapa jenis diabetes mellitus.
Pasien dengan diabetes mellitus tipe 1 bergantung pada insulin eksogen (disuntikkan ke bawah kulit/subkutan) untuk keselamatannya karena kekurangan absolut hormon tersebut; pasien dengan diabetes mellitus tipe 2 memiliki tingkat produksi insulin rendah atau kebal insulin, dan kadang kala membutuhkan pengaturan insulin bila pengobatan lain tidak cukup untuk mengatur kadar glukosa darah.
11 Februari 1684, Cornelis Speelman, kepala VOC di Batavia periode 1681 – 1684 meninggal dunia. Kala itu ia masih menjabat.
11 Februari 1861, Alabama lepas dari Amerika Serikat.
11 Februari 1787, William Herschel menemukan Titania dan Oberon, yaitu dua bulan Uranus.
11 Februari 1908, Monumen Nasional Grand Canyon dibuat.
11 Februari 1972, Bangladesh resmi melepaskan diri dari Pakistan.
1935, Amelia Earhart adalah wanita pertama yang terbang sendirian dari Hawaii ke California.
1942, Jepang menyatakan perang terhadap Belanda dan menjajah Hindia Belanda. Di tahun yang sama Jepang juga merebut Kuala Lumpur.
1943, Amerika Serikat dan Britania Raya menyerahkan hak kekuasaannya di Cina.
1946, Enver Hoxha mendeklarasikan Republik Rakyat Albania dengan dirinya sebagai diktator.
1949, salju pertama kalinya turun di Los Angeles.