Minggu, 17 Februari 2013

Beranda » » 10 sungai terkotor di dunia

10 sungai terkotor di dunia

Sungai sebenarnya adalah sumber air bagi warga sekitarnya dan bisa juga sebagai sumber mata pencaharian bagi nelayan. Akan tetapi banyak sekali sungai-sungai di dunia ini yang sudah tercemar oleh perbuatan manusia. Berikut adalah 10 sungai-sungai terkotor di dunia.
 
 
1. Sungai Citarum, Indonesia
http://www.didunia.net/
Sungai Citarum terletak di Jawa Barat, Indonesia. Sungai ini sudah kelihatan seperti kolam sampah padahal sebenarnya sungai ini menjadi sumber air untuk agrikultur dan sumber air bagi penduduk di sekitarnya. Tetapi sungai ini sangat terpolusi oleh ulah manusia dan penuh dengan sampah. Di Desember 2008, Bank Pembangunan Asia menyetujui pinjaman sebesar $ 50.000.000 (sekitar Rp 500 milyar) hanya untuk membersihkan sungai tersebut. Wahh...kasihan sekali ya...gara-gara ulah kita membuang sampah sembarangan, jadinya dibutuhkan uang yang tidak tanggung-tanggung untuk membersihkannya. Belum lagi, waktu yang diperlukan untuk membersihkan sungai tersebut dari sampah-sampah.


2. Sungai Yamuna, India
Yamuna adalah sungai yang sangat terpolusi dimana 58% sampah dari New Delhi, ibu kota India, dibuang di sungai ini. Sudah sebanyak Rs 17.000.000.000 (sekitar Rp 370 milyar) uang yang dikeluarkan untuk membersihkan sungai ini, tetapi masih belum bisa bersih. Pemerintah India sekarang sudah angkat tangan dalam usahanya membersihkan sungai ini.

 
3. Buriganga river, Bangladesh
 
Buriganga adalah sungai utama di samping kota Dhaka, Bangladesh. Banyak makhluk mati dibawah sungai ini.


4. Sungai Yellow di Lanzhou, China
Sungai Yellow River ini merupakan sungai terbesar kedua dan sumber air untuk jutaan penduduk di sebelah Utara China. Akan tetapi sungai yang menjadi sumber air ini terpolusi sekarang karena kontaminasi dari limbah industri


5. Sungai Marilao, Filipina
Plastik, sandal karet, ranting pohon pisang, adalah beberapa sampah yang kan kamu lihat mengapung di sungai Marilao ini. Air di sungai ini mengandung racun kimia seperti koper, kromium, arsenik, yang membuat air ini sangat berbahaya. Walaupun pemerintah telah memasang peraturan denda bagi yang membuang sampah di sungai ini, tetapi masyarakat dan pabrik setempat masih saja membuang sampah dan limbahnya ke sungai ini.
 
 
6. Sungai Ganges, India
http://www.didunia.net/
Sungai Ganga ini adalah sungai suci bagi umat Hindu yang berasal dari karang es gangotri. Sekitar dua juta penduduk melakukan mandi ritual di sungai ini padahal air di sungai ini sudah tidak aman lagi karena tercemar oleh pembuangan kimia dan juga terdapat mayat-mayat yang mengapung di sungai ini
 
 
7. Sungai Songhua, china
Sungai Songhua ini terdapat di China. Di tahun 2005, sungai ini terkontaminasi dengan zat kimia bensin sehingga sungai ini di tutup sebagai sumber air untuk Harbin.

8. Sungai Mississippi, USA

Sungai Mississippi ini adalah sumber kekayaan alam di Amerika. Sungai ini mengambil sekitar 40% dari kekayaan alam Amerika dan membawa 1.5 juta metric ton dari polusi nitrogen ke Lautan Gulf Mexico setiap tahunnya.


9. Sungai Sarno, Italia

Sarno adalah sungai yang melewati Pompeii sampai ke kota Naple. Termasuk sungai yang terpolusi di benua Eropa yang kebanyakan adalah limbah dari agrikultur dan industri setempat.


10. Sungai King, Australia 

http://www.didunia.net/
 
Sungai King ini terpolusi karena penambangan di sekitarnya. Sekitar 1.5 juta ton sulfidic menuju ke sungai tersebut setiap tahun nya semenjak tahun 1995 dan sampai sekarang sudah sekitar 100 juta ton. Dari luar secara kasat mata, sungai ini tidak lah begitu kotor, akan tetapi sungai ini sebenarnya telah terkontaminasi dengan limbah.