Sabtu, 16 Februari 2013

Beranda » » Meteor itu senjata Amerika Kata Anggota parlemen Rusia

Meteor itu senjata Amerika Kata Anggota parlemen Rusia

Vladimir Zhirinovsky

Anggota parlemen Rusia dari Partai Liberal Vladimir Zhirinovsky mengatakan jatuhnya meteor kemarin di Kota Chelyabinsk merupakan suatu konspirasi Amerika Serikat.

"Benda itu bukan meteorit, itu adalah aksi Amerika yang sedang menguji coba senjata barunya," kata dia kepada wartawan kemarin, seperti dilansir Surat kabar the Washington Post, Sabtu (6/2).

Zhirinovsky juga menyebutkan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry sebelumnya telah mencoba memberitahu Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov tentang uji coba itu. Namun dalam beberapa hari ini Lavrov dikabarkan menghindari telepon dari Kerry.

"Dia (Kerry) mencoba menghubungi Lavrov, tapi dia sedang dalam perjalanan. Kerry bersungguh-sungguh ingin memperingati Lavrov tentang provokasi terhadap Rusia," kata dia.

Zhirinovsky selama ini dikenal sebagai sosok yang sangat nasionalis dan anti-Barat. Beberapa kali pernyataannya sering menimbulkan kontroversi.

Surat kabar Jerman Der Spiegel pernah menyebut Zhirinovsky sebagai politikus badut dan seorang radikal sayap kanan.

Meteor yang jatuh di Rusia pagi kemarin hingga kini telah melukai lebih dari seribu orang dan merusak 3000 bangunan.

Badan Antariksa Amerika (NASA) memperkirakan meteor berukuran sebesar bus dengan bobot tujuh ribu ton itu berkekuatan 20 bom atom dan melaju dengan kecepatan hingga 20 kilometer per detik.