Minggu, 03 Maret 2013

Beranda » » Melacak makam Poteu Jeumaloy, Sultan Aceh yang terlupakan

Melacak makam Poteu Jeumaloy, Sultan Aceh yang terlupakan


| Makam Sultan Aceh Poteu Jamaloy atau Sultan Jamal ul-Alam Badr ul-Munir
BEBERAPA referensi sejarah menulis namanya sebagai Sultan ke-20. Tapi ada juga yang menyebutnya sebagai Sultan ke-21 dari semua Sultan yang pernah memegang tampuk kekuasaan Kerajaan Aceh Darussalam.
Sultan Jamalul Alam Badrul Munir merupakan nama lengkap sultan itu. Dia memerintah sejak tahun 1704 Masehi, seperti yang tertera di makam miliknya. Makam itu berada tak jauh dari Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.
Penelusuran AP, Sabtu pagi, 2 Maret 2013, menemukan makamnya terletak di Jl. Mohd. Jam, di belakang sebuah kedai kuliner, warung bakso Hendra Hendri.
Menuju lokasi makam tersebut, kita harus melewati gang yang sama untuk masuk ke warung bakso Hendra Hendri. Ketika AP datang berkunjung, sebuah plat kira-kira seukuran 2x kertas A4 menempel di tembok pagar Kantor Depag tersebut. Plat itu terbuat dari kuningan dan tertulis keterangan:
“Makam Poteu Jeumaloy”
“Di sinoe makam Sultan Jamal ul-Alam Badr ul-Munir, Sultan Aceh Darussalam keuturunan Arab nyang mat keurajeuen bak thon 1703 – 1726 M.”
Makam tersebut terhimpit antara rumah dan warung. Ia terletak persis di samping dapur warung, yang pagi itu sudah beraktivitas dengan suara kompornya yang bergemuruh. Ada sepasang nisan membujur di bawah bangunan beratap sederhana. Dipagari dengan sejenis pagar kawat, sekitar makam seperti tidak terurus. Sebuah parabola bersandar di dalam pagar makam. Selain ada sebuah pamplet keterangan berisi profil singkat Sultan, di salah satu tembok tiangnya terletak sepasang sepatu bola.
“Tempatnya masih agak berantakan. Sebab kami sedang mengecat toko,” ujar Isa, 23 tahun salah satu pekerja warung Hendra Hendri sambil menunjukkan perkakas-perkakas catnya.
“Nanti parabola itu juga akan dipindah setelah pengecatan selesai. Biasanya, makam ini kami yang bersihkan. Tapi sekarang memang agak berantakan sebab ruang di sini sempit sekali,” kata pemuda asal Pidie ini yang mengaku telah 2 tahun bekerja di warung itu.
Sesuai dengan yang tertulis di pamplet bertahun 2007, Dinas Kebudayaan Prov. Nanggroe Aceh Darussalam tersebut, di ketahui Sultan Jamalul Alam Badrul Munir disebut juga Sultan Jamaloy. Dia naik tahta tahun 1704 M. Tahun ini berbeda dengan yang tertulis di plat makam Sultan Jamlul Alam Badrul Munir. Dia merupakan putera Sultan Badrul Alam Syarif Hasyim Jamaluddin yang berasal dari keturunan Arab.
Dalam pamplet itu disebutkan, sejak memerintah penduduk hidup makmur dan aman sentosa. Namun kepemimpinannya tidak disenangi oleh Panglima Sagi yang ada di Aceh sehingga terjadilah pemberontakan pada tahun 1708-1726 M. Pemberontakan ini menyebabkan Sultan Jamaloy lari ke Pidie. Akhirnya diangkat Maharaja Lela asal Bugis menjadi Sultan pada tahun 1727-1735 M.
Sultan Jamaloy kembali ingin merebut tahtanya setelah Maharaja Lela mangkat. Namun dia mendapat serangan dari Pocut Ue, putera Maharaja Lela yang telah dinobatkan sebagai pengganti ayahnya tahun 1735 M.
“Ya beginilah kondisinya. Tempatnya sangat sempit. Dulu tidak ada rumah di sebelah makam itu. Untuk masuk ke lokasi makam pun, dulu bukan lewat sini. Tapi lewat lorong di samping warung Rujak Garuda,” kata seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya kepada AP.
Menurut sumber yang sudah 30 tahun lebih tinggal dekat makam tersebut, Sultan Jamaloy adalah Sultan yang mewakafkan tanah Blang Padang dan tanah sekitarnya untuk Masjid Raya.
“Saya tidak tahu persis juga. Saya mendapatkan cerita itu turun temurun dari keluarga. Bahkan kakek saya bercerita, tanah sekitar makam Sultan Jamaloy dulu memang tanah perkuburan. Tapi saya tidak tahu pasti. Itu makanya, walaupun makam ini kurang diurus pihak dinas, kami tetap membersihkannya secara sukarela. Cuma sekarang warung bakso Hendra Hendri sedang merehab tempatnya. Makanya terlihat berantakan,” katanya.
Lebih lanjut kepada AP, sumber ini menyebutkan kalau ada peziarah dari Malaysia kerap berkunjung ke makam Sultan Jamaloy.
“Cuma masalahnya, tidak ada penunjuk arah di lorong masuknya. Banyak pengunjung berpikir makam sultan terletak pas di tembok pagar kantor Depag. Coba baca di plat keterangan itu. Di situ ditulis, di sini Makam Sultan Jamaloy. Pengunjung pikir makamnya di tembok itu. Mestinya ada penunjuk arah, kalau makam Sultan terletak 30 atau 50 meter ke dalam. Pemerintah sebenarnya mengerti tentang ini. Tapi ya beginilah,” ujar sumber tersebut antusias sambil tetap mengharapkan nama dan alamatnya tidak disebutkan dalam berita. [](bna)