Kamis, 07 Maret 2013

Beranda » » 10 Pesawat Tercanggih tapi Gagal Total

10 Pesawat Tercanggih tapi Gagal Total


Pesawat merupakan sarrana transportasi yang sangat diminati oleh banyak orang karena akan bisa mencapai ke suatu tujuan dengan cepat. Pesawat juga terdiri berbagai nama. Sebelum diresmikan tahukah anda bahwa ada pesawat yang diciptakan mengalami kegagalan dan kegagalan total. Di bawah ini ada 10 pesawat yang diciptakan tapi mengalami kegagalan total.

1. Pesawat TOPULEV TU-144

Pesawat ini merupakan pesawat buatan Rusia yang menyerupai bentuk Concorde yaitu memiliki kecepatan 2 kali lebih cepat dari kecepatan suara atau yang disebut denngan pesawat supersonik. Pesawat ini mendapat julukan Concordski yang memiliki kecepatan yang luar biasa, akan tetapi memiliki masalah yang sangat serius yaitu selama percobaan tiga kali selalu mengalami jatuh. Dan salah satunya adalah saat beratraksi di Paris Air Show tahun 1973 yang disaksikan beribu pasang mata.
Ini merupakan kecelakaan yang dramatis sehingga pesawat ini hanya di jadikan sebagai pengantar surat oleh pemerintahan Rusia. Dan pada akhirnya tahun 1985 pesawat ini tidak terbang lagi.

2. B.O.A.C de Havillend Comet

Ini merupakan pesawat komersil milik inggris dan merupakan kebanggan negaranya saat terbang pertama kalinya yaitu tahun 1949. Akan tetapi saat ini hanya bisa dikenang karena pesawat ini tidak aman saat ditumpangi. Dengan memproduksi 114 pesawat 13 diantaranya mengalami jatuh karena material logam yang ada di dalam pesawat mudah rusak.

3. H-4 Hercules

 Pesawat ini memiliki julukan " The Spruce Goose " yang merupakan pesawat tercanggih dan terbesar yang pernah dimiliki oleh Amerika Serikat. Akan tetapi tahukah anda jika pesawat ini mubadzir akhirnya karena awal dari pembuatan pesawat ini adalah digunakan saat perang ke II akan tetapi saat perang ke II sudah selesai pembuatan pesawat ini belum juga selesai.
Pesawat yang mempunyai panjang sayap 319 feet atau sekitar 97 meter ini akhirnya hanya terbang sekali saat selesai di buat.

4. LWS-4 ZUBR

Zubr merupakan pesawat yang mubadzir + tidak bermanfaat karena selain tidak nyaman juga bisa hancur ketika menerima tekanan angin yang tinggi. Tak hanya itu juga, pesawat ini juga tidak kuat hanya di muatin beberapa kardus rokok. pesawat ini juga hanya terbang beberapa kali saja saat perang dunia ke tiga tapi tidak pernah terlihat saat pertempuran.

5. Chrishmas Bullet

Nama yang begitu bagus bukan ? akan tetapi ada satu hal yang dilupakan oleh Dr. William Chrishmas. pesawat model seperti ini harus ada penopang pada sayapnya. hasilnya saat terbang pertama tahun 1918 sayap pesawat hancur berantakan.

6. Beechcraft Starship

Dengan kontruksi Carbon-Composite dan desain yang unik. Starship memulai dengan terobosan baru. akan tetapi pesawat ini sangat lamban, sulit diterbangkan dan susah untuk dipelihara. Starship terbang saat tahun 1989 dan hanya beberapa unit saja yang operasi dari 53 pesawat yang diproduksi.

7. Hiller VZ-1

Pesawat ini merupakan buatan amerika. Tampak bagus diatas kertas tapi tampak jelek di udara. Sebenarnya pembuatan ini cukup sederhana yaitu memasang kipas di bawahnya dan sang pilot diatasnya berdiri sambil mengendalikannya. Pesawat ini sangat disukai oleh Departemen Pertahanan Amerika tapi saat pesawat ini di terbangkan diatas 16 Mil/jam pesawat ini tidak bisa dikendalikan dan oleng kesana kemari. Pada akhirnya pesawat ini berhenti operasi sekitar tahun 1950 an. 

8. A-12 Avenger II

Ini merupakan pesawat dari Departemen Pertahanan Amerika yang memakan banyak biaya tapi gagal total. hal ini dikarenakan sistem radar yang menggunakan bahan kompositnya tidak berfungsi dan ini juga merupakan pesawat yang memalukan saat era 1980an.
Untuk memperbaiki kekurangan pada pesawat ini hanya akan membuat biaya pesawat melambung tinggi yaitu $ 165 juta/unit atau sekitar 1,5 triliun. Akhirnya project ini di hentikan oleh Menteri Pertahanan Amerika pada tahun 1991 an.

9. Royal Aircraft B.E 2

Dengan mesin seperti kurang darah, miskin kemampuan manuver dan posisi senapan yang menghalangi pilot membuat pasukan Jerman dengan mudah menembakinya dan akhirnya jatuh dalam pertempuran perang dunia ke 1. Gagal total. 

10. Boeing XB 15

Pesawat ini merupakan pesawat yang besar yang pernah di buat oleh Amerika setelah H-4 Hercules. Pesawat ini dilengkapi dengan kamar tidur di bagian sayap pesawat bagi krunya. Saat uji coba tahun 1937 pesawat ini hanya dapat terbang 200 mil/jam akhirnya Amerika menghentikan project ini dan selanjutnya di modifikasi dan dijadikan pesawat kargo dengan nama Boeing XB.