Minggu, 30 Desember 2012

Beranda » » Seleb Paling Berprestasi 2012

Seleb Paling Berprestasi 2012

Agnes Monica - Syahrini - Dian Sastrowardoyo

Kilas balik tahun 2012, banyak sekali artis kita yang menorehkan prestasi tak hanya di negara kita tapi juga kancah internasional. Siapa saja mereka?


1. Agnes Monica


Tak perlu diragukan lagi, Agnes Monica selalu bersinar berkat usaha kerasnya go international. Setelah keluar dari cangkang penyanyi cilik, prestasi Agnes memang terus melesat. Tahun 2005, Agnes kolaborasi dengan Keith Martin. Ia juga berpartisipasi dalam Asia Song Festival di Korea Selatan dan menerima penghargaan 'Best Asian Artist Award'. 


Di 2010, Agnes terpilih menjadi host acara American Music Award di Los Angeles. Tahun ini Agnes berulang kali menyebut rencana debut album internasional dengan menggandeng Michael Bolton. Menutup tahun 2012, Agnes memberi kejutan dengan tampil duet bersama penyanyi sekaligus produser kelas dunia, Timbaland.


2. Nidji

Masih dari dunia musik, band Nidji yang beranggotakan Giring, Rama, Ariel, Adrie, Andro, dan Randy ini baru saja berkolaborasi dengan klub sepak bola Manchester United untuk video klip terbaru mereka. Sebuah prestasi yang membanggakan karena Nidji adalah satu-satunya band di Indonesia, bahkan di Asia, yang pernah melakukan itu dengan tim sekelas Manchester United. Lagu-lagu Nidji, Heaven dan Shadows juga pernah menjadi soundtrack serial Heroes. Tahun ini, Nidji merilis album 'Liberty Victory' yang dipasarkan secara internasional.



3. Dian Sastrowardoyo

Meskipun lama tak bermain film, namun bukan berarti pamor Dian Sastrowardoyo memudar. Buktinya tahun 2012 ini Dian hadir di Festival Film Cannes 2012 mewakili Indonesia. Ia berjalan di red carpet bersama-sama artis international lainnya. Bahkan ia sempat foto bersama dengan Robert Pattinson, pemeran utama film box office Twilight.

Sebelumnya, Dian mengantongi beberapa penghargaan internasional, salah satunya sebagai Best Actress di Deauville Asian Film Festival (2002), Singapore International Film (2002), dan Hawaii International Film (2003). Dia juga memenangkan kategori Most Promising Actress di Asia Pacific Film Festival (2005).

Lalu di ajang Pusan International Film Festival (2009), Dian berhasil meraih Silver Award For Leading Female Performance. Sekitar 2009, Dian mendapatkan penghargaan Actress of the Year di Elle Film Magazine Award. Tak heran jika sampai sekarang Dian masih banyak dipercaya menjadi icon iklan berbagai produk. 


4. Syahrini

Dikenal dengan berbagai sensasinya. Namun ia juga tak lupa menorehkan prestasi. Meskipun banyak yang menyatakan tidak suka dengan gaya Syahrini, namun masih lebih banyak yang menyukainya. Buktinya, Syahrini meraih penghargaan sebagai 'Album Solo Wanita Ngetop'.

Syahrini terpilih di ajang SCTV Music Awards 2012. Ia mengalahkan sederet nama seperti Agnes Monica, Indah Dewi Pertiwi, Rossa, dan Vicky Shu. Syahrini memenangkan kategori penghargaan paling bergengsi penyanyi wanita solo 2012. 


5. Cinta Laura

Gadis berdarah Jerman ini mendapatkan peran di sebuah film Hollywood, THE PHILOSOPHERS, yang syutingnya dilakukan di Indonesia. Film tersebut disutradarai oleh John Huddles dan dibintangi pula oleh Bonnie Wright, pemeran Ginny Weasley di film HARRY POTTER. Kuliah di Amerika, Cinta yakin bisa mengembangkan prestasi di kancah internsional.


6. Iko Uwais

Sukses dengan film THE RAID, Iko Uwais mendulang prestasi. Aktingnya yang mulai dengan kemampuan bela dirinya yang handal, Iko dipercaya Keanu Reeves untuk bermain dalam film MAN OF TAI CHI. Film ini diproduksi atas kerjasama Village Roadshow Asia, China Film Group, Wanda Media dan Universal Pictures. Film martial arts tersebut merupakan debut Reeves sebagai sutradara. Reeves juga akan menjadi pemeran pendukung.

7. Joe Taslim

Masih dari film THE RAID, pemeran Sersan Jaka, Joe Taslim bermain dalam film FAST AND FURIOUS, film skala dunia yang selalu menjadi hits di setiap edisinya. Joe saat ini berkesempatan untuk menjajal aktingnya di film FAST AND FURIOUS 6. Dalam film ini nantinya Joe Taslim memerankan tokoh antagonis bernama Jah dan tentunya ia akan beradu akting dengan bintang-bintang FAST AND FURIOUS layaknya Vin Diesel, Paul Walker dan Dwayne Johnson.

Di kancah olahraga, Joe mempersembahkan medali emas di dalam pekan olahraga nasional (PON) 2008. Namun di kancah olahraga internasional, Joe berhasil meraih medali perak untuk Indonesia dalam arena Sea Games 2007 dan medali emas dalam arena South East Asia Judo Championship Singapore 1999.

8. Gugun Blues Shelter

Bermain di jalur indie tak membuat nama Gugun Blues Shelter hilang begitu saja. Meskipun tak begitu gencar dibicarakan di Indonesia, nama GBS justru terkenal di luar negeri. Bahkan jadi rebutan promotor konser di New York.

Setelah merilis 2 album di Amerika dengan nama Gugun Power Trio yaitu Far East Blues Experience (Januari 2011) dan Solid Ground (Oktober 2011), kini GBS akan melakukan rangkaian konser di sana. Menurut Mitra, perwakilan dari The Riverbank Agency yang membawa GBS ke promotor Amerika, bahwa konser yang seyogyanya akan dihelat di 6 tempat, namun GBS mendapatkan tawaran main di New York yaitu di Hard Rock Cafe.



9. Donny Damara

Donny Damara berhasil menyabet predikat Aktor Terbaik di ajang Asian Film Awards ke-6 yang dihelat di Hong Kong, Senin (19/3/2012). Dia berhasil mengalahkan aktor besar Andy Lau yang membintangi film A Simple Life. Di akhir tahun FFI 2012 juga mengukuhkannya sebagai pemain pria terbaik dalam film Lovely Man.


10. Edwin

Edwin langsung menjadi buah bibir saat karyanya berjudul Kebun Biantang atau Postcard From The Zoo meraih penghargaan khusus The Edward Yang New Talent Award. Penghargaan tersebut khusus diberikan kepada talenta muda di perfilman Asia untuk maju di kancah internasional. Film yang dibintangi Nicholas Saputra dan Ladya Cherryl itu, sebelumnya masuk seleksi di Festival Film Berlin dan Tribeca, New York.

Film Postcard From The Zoo sebelumnya telah menjadi official section sebagai film Indonesia kedua setelah BADAI SELATAN karya Sofia WD pada tahun 1962, yang masuk seleksi film untuk meraih Golden Bear di International Berlin Film Festival. Sayangnya pemutaran film ini terkendala dengan badan sensor perfilman nasional. Sehingga Anda harus benar-benar mencari jadwal pemutaran khusus film ini.