Selasa, 25 Desember 2012

Beranda » , » 10 Kontroversi Yang Menghantam K-Pop 2012!

10 Kontroversi Yang Menghantam K-Pop 2012!


Industri entertainment Korea tak lepas dengan beragam kontroversi selama tahun 2012. Dengan begitu pentingnya menjaga nama baik dalam budaya Korea, berbagai kontroversi tersebut secara kuat mempengaruhi karir para bintang tersebut.
Nyaris setiap bulan ada kontroversi yang menghantam. Kontroversi yang muncul juga beragam, mulai dari isu bullying, pemerkosaan, insiden dengan stalker dan beberapa kasus kontroversi lain. Berikut 10 kontroversi besar yang sempat mengguncang K-Pop selama 2012.
Dimulai dari posisi pertama diduduki oleh

1. Kasus Bullying Hwayoung T-ara

Kasus yang cukup rumit. Berawal dari terciumnya gelagat pertengkaran di twitter, akhirnya kasus ini meluas dengan berbagai bukti dari dunia maya mengenai dugaan bullying yang dilakukanT-ara pada member mereka, Hwayoung yang akhirnya memutuskan keluar.
Imbas kasus ini cukup besar. T-ara yang namanya tengah menanjak di awal tahun, karir mereka terancam hancur di pertengahan 2012. Kasus ini juga berimbas pada pemutusan kontrak kerjasama T-ara dengan sponsor maupun rumah produksi. Salah satunya kontrak drama Five Fingers yang dibintangi Eunjung, dan memicu kontroversi besar lainnya.

2. Insiden Sasaeng Fans

Banyak selebriti mengalami masalah dengan sasaeng fans, yang menjadi stalker dan mengikuti setiap kegiatan mereka, bahkan hingga hal-hal yang bersifat pribadi. 
Salah satu yang mencuat adalah kamera CCTV yang dipasang di kediaman Yoochun. Dalam foto nampak bagaimana Yoochun harus sembunyi-sembunyi bahkan ketika dirinya berada di tempat tinggalnya sendiri. 
Namun Yoochun bukan satu-satunya korban, dua sahabatnya Jaejoongdan Junsu juga pernah mengalami insiden dengan sasaeng fans. Begitu juga dengan LeeteukG-Dragon, HeechulJessica Girls Generation, member Shinhwa dan banyak selebriti lain. Hingga saat ini keberadaan sasaeng fans juga masih menjadi masalah tersendiri. 

3. Komentar Block Tentang Thailand

Di awal tahun 2012, Zico sempat mengundang kontroversi karena komentar mereka yang dianggap tidak sensitif mengenai bencana banjir di Thailand. Selain itu sikap member boyband ini ketika menjalani interview dengan RYT9 Thailand terhitung tidak sopan dan kasar untuk ukuran bintang K-Pop. 
Permintaan maaf secara resmi pun telah diberikan oleh pihak Block Bterkait kasus di Thailand ini. 

4. CEO Open World Terlibat Pemerkosaan

KapanLagi.com - Pada bulan April 2012, CEO dari agensi Open World Entertainment ditangkap atas tuduhan pemerkosaan dan pelecehan seksual terhadap beberapa wanita yang menjadi trainee di bawah managementnya. Dalam persidangan pada bulan Agustus 2012, CEO tersebut dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 6 tahun penjara. Selain itu ia harus menjalani rehabilitasi kejahatan seksual selama 40 jam. 

5. Editan Foto Telanjang SNSD

Sekitar bulan Februari dan Maret 2012, muncul berbagai kasus dengan tersebarnya foto editan dari Girls Generation dengan keadaan telanjang. Dalam foto-foto tersebut, kebanyakan wajah member SNSD dipadukan dengan foto perempuan lain yang tengah telanjang. 
Agensi Girls Generation, SM Entertainment telah meminta penyelidikan resmi terkait kasus ini. Korban dari foto editan tersebut sebenarnya tidak hanya member SNSD, namun juga girlband Korea lainnya. 

6. Nichkhun Berkendara Dalam Keadaan Mabuk dan Menabrak


Nichkhun 2PM sempat menjadi pusat perhatian ketika diberitakan berkendara dalam keadaan mabuk, dan menabrak seorang pengendara motor sekitar pukul 02:30 dinihari, di Gangnam, 24 Juli 2012. Ketika diperiksa darah Nichkhun sendiri memiliki kadar alkohol 0.056%, melebihi standar diperbolehkannya seseorang mengemudi di Korea.
Meski akhirnya masalah ini selesai dan Nichkhun disebut tidak sepenuhnya bersalah, butuh berbulan-bulan bagi pria ini untuk menyelesaikan masalahnya dan vakum dari industri entertainment Korea.

7. Selca Eunhyuk - IU

Foto selca atau self camera sering dilakukan selebriti, baik sendirian maupun ketika mereka bersama sahabat terdekatnya. Namun selca yang dilakukan IU dan Eunhyuk ini mengundang kontroversi begitu besar.
Dalam foto yang disebut tidak sengaja diupload melalui twitter IU itu, nampak IU tengah memakai piyama dan Eunhyuk seolah telanjang dada.
Agensi IU akhirnya memberi klarifikasi bahwa foto tersebut diambil ketikaIU tengah sakit dan Eunhyuk mengunjunginya. Sementara itu belum ada pernyataan resmi dari SM Entertainment, agensi Eunhyuk terkait masalah tersebut hingga saat ini.

8. Skandal Foto Seungri

Banyak skandal di Korea berawal dari foto. Salah satunya skandal Seungri yang berawal dari media Taiwan, Apple Daily yang mempublish foto Seungri ketika mendapat ciuman dari model dan artis Jepang, Anna Kubo.
Foto tersebut muncul satu minggu setelah munculnya skandal foto setengah telanjang Seungri di majalah Jepang, Friday. Meski dua skandal tersebut cukup keras menghantam, Seungri masih bisa terus berkarir bersama Big Bang hingga saat ini. 

9. Pacaran Singkat Lee Min Ho - Park Min Young

Awal Januari muncul berita mengejutkan dari pasangan selebriti Lee Min Ho dan Park Min Young. Pasangan yang dekat ketika sama-sama membintangi serial drama City Hunter, dan akhirnya berpacaran tersebut secara resmi dikonfirmasi oleh agensi mereka telah putus.
Hubungan Lee Min Ho - Park Min Young baru diketahui publik sekitar bulan Agustus 2011 ketika mereka berdua telah satu bulan berpacaran. 

10. Parkir Mobil KARA

Girlband KARA sempat mengundang kontroversi ketika mobil mereka diketahui diparkir di lokasi khusus untuk orang berkebutuhan khusus pada bulan Agustus 2012. Salah satu saksi mengungkap bahwa ketika diingatkan untuk memindah mobil tersebut, pihak KARA seolah tidak mengindahkan dan membiarkan mobil tersebut di parkir di area khusus tersebut hingga urusan KARA selesai.
Setelah berbagai reaksi negatif yang muncul, pihak KARA memberi konfirmasi bahwa tempat parkir tersebut sebelumnya telah dibooking secara khusus. Permintaan maaf secara resmi juga telah diberikan oleh KARA terkait insiden tersebut.
Berita mengenai mobil KARA tersebut nyaris berbarengan dengan kontroversi kostum serta gerakan dance KARA yang dianggap terlalu seksi ketika promosi lagu Pandora.