Jumat, 04 Januari 2013

Beranda » » 8 Resolusi Dunia Teknologi Untuk Memulai Tahun 2013

8 Resolusi Dunia Teknologi Untuk Memulai Tahun 2013


Tahun 2012 baru saja terlewati. Sekarang babak baru menanti di tahun 2013. Sedikitnya ada 8 resolusi dalam dunia teknologi yang dapat Anda gunakan.

Seusai dengan katanya, tahun baru identik dengan segala hal yang baru atau permulaan yang baru. Tentu saja untuk memulai hal baru tersebut diperlukan harapan, prediksi dan strategi untuk mengisinya.

Berikut ada 8 resolusi di dunia teknologi seperti yang dilansir Mashable (31/12/2012).

Membersihkan keyboard
Mungkin banyak orang yang suka akan kebersihan dan selalu menjaganya. Namun, tidak sedikit juga yang bertolak belakang. Salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan namun jarang mendapatkan perhatian dalam hal kebersihannya adalah keyboard. Di awal tahun ini, tidak ada salahnya memulai dengan hal kecil seperti membersihkan keyboard yang mungkin selama satu tahun belum pernah dibersihkan. Dengan membersihkan perangkat tersebut maka, selain terlihat bersih, kinerja setiap tutsnya juga akan lebih optimal.

Menyimpan foto-foto lama secara online
Saat ini telah banyak jasa layanan yang menawarkan tempat untuk menyimpan banyak data secara online. Nampaknya sudah tidak perlu lagi bagi Anda untuk menyimpan foto-foto lama di dalam internal HD perangkat yang Anda miliki. Ada baiknya, untuk menyimpan foto-foto tersebut di tempat penyimpanan online. Keuntungannya, Anda dapat membukanya di mana dan kapan saja dan dapat membuat ruang yang lebih besar untuk internal HD Anda.

Mengatur email
Mungkin selama satu tahun ini, Anda cukup sibuk dengan urusan bisnis atau sejenisnya. Banyak pebisnis yang memanfaatkan layanan email untuk melakukan komunikasi atau menerima dan mengirimkan data. Seiring dengan dibukanya tahun yang baru ini, tidak ada salahnya Anda untuk sedikit merapikan dan bersih-bersih segala hal yang ada di email Anda.

Mengatur ulang sekuritas untuk jejaring sosial
Walaupun pemilik jejaring sosial seperti Facebook, Twitter atau lainnya telah meyakinkan bahwa mereka akan melindungi privasi account penggunanya, namun tidak menutup kemungkinan dengan semakin bertambah majunya teknologi dan bertambah pintarnya para cybercrimninal, tidak ada salahnya Anda untuk mengatur ulang sisi sekuritas account jejaring sosial yang Anda miliki.

Membersihkan 'jejak'
Mungkin dalam satu tahun, banyak account yang pernah Anda buat, contohnya membuat account di Facebook, Twitter, blog atau lainnya. Namun, ternyata tidak seperti yang Anda inginkan, Anda hanya sibuk terhadap satu account saja dan melupakan account lainnya. Oleh karenanya, untuk ikut menjaga lingkungan internet tetap 'bebas sampah,' ada baiknya Anda menghapus semua account yang sekiranya sudah tidak lagi Anda gunakan.

Menghapus aplikasi yang tidak terpakai
Era smartphone meningkat di tahun 2012 silam. Dengan meningkatnya popularitas smartphone atau tablet, tentunya banyak aplikasi yang 'diujicobakan' atau diinstal ke suatu perangkat. Di sarankan untuk melakukan 'acara bersih-bersih' di perangkat yang Anda miliki akan aplikasi-aplikasi yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi. Selain dapat membuat ruang yang lebih luas di dalamnya, pemangkasan aplikasi juga dapat membuat kinerja perangkat tersebut semakin cepat.

Go paperless
Dimulai dari tahun ini, banyak perusahaan besar yang memulai menggunakan jasa teknologi digital untuk menyimpan data-data fisik. Scan data fisik yang Anda miliki, convert data-data tersebut dan kirimkan ke tempat penyimpanan online. 

Keluar dan berbaur dengan sesama
Memang terhubung dengan internet adalah suatu hal yang menyenangkan. Bahkan tidak sedikit orang akan lupa waktu apabila telah terhubung dengan dunia maya ini. Oleh karenanya, di tahun ini, coba kurangi ketergantungan terhadap jejaring sosial, internet dan perangkat elektronik yang Anda miliki. Seimbangkan antara sosial dan teknologi dalam kehidupan Anda.