Kamis, 31 Januari 2013

Beranda » » Bumi Dirangsang Ledakan Sinar-Gamma pada Abad ke-8?

Bumi Dirangsang Ledakan Sinar-Gamma pada Abad ke-8?

alt
Sebuah ledakan pendek sinar-gamma dapat mengakibatkan ledakan radiasi hebat yang menghantam bumi sekitar tahun 775, menurut New-Jerman yang memimpin penelitian ini.
Kelebihan jumlah karbon-14 dan berilium-10 isotop dalam lingkaran pohon yang terbentuk pada waktu itu membuat Bumi diperkirakan terkena ledakan radiasi, meskipun tidak ada catatan sejarah dari ledakan supernova, atau sisa-sisa supernova apapun yang dapat diamati saat ini.
Sebaliknya, penggabungan antara dua sisa-sisa bintang kompak dapat menghasilkan sebuah ledakan hebat namun tidak terlihat dari sinar-gamma, sebagaimana diperkirakan berlangsung kurang dari dua detik.
Obyek saling bertabrakan tersebut mungkin saja adalah lubang hitam, bintang neutron, atau bintang cebol putih, dan setidaknya terjadi pada 3.000 tahun cahaya karena tidak ada catatan kepunahan Bumi apapun pada waktu itu.
"Jika ledakan sinar gamma telah lebih dekat ke Bumi saat itu akan menyebabkan bahaya yang signifikan terhadap biosfer," kata pemimpin penelitian Ralph Neuhauser pada Institut Astrofisika dari University of Jena dalam siaran pers.
"Tapi bahkan ribuan tahun cahaya, peristiwa serupa saat ini bisa menyebabkan kerusakan dengan sistem elektronik sensitif bahwa masyarakat maju telah datang untuk bergantung."
Beberapa cahaya mungkin tampak telah dipancarkan, tetapi hanya mungkin berlangsung beberapa hari dan karena itu telah terjawab dengan mudah.
Bagaimanapun, yang diakibatkan gabungan obyek tersebut dapat terdeteksi sekarang, seperti sebuah lubang hitam 1.200 tahun.
"Tantangannya sekarang adalah untuk menetapkan bagaimana karbon-14 langka menghantam, seberapa sering semburan radiasi tersebut menabrak bumi," Jena menyimpulkan.
"Paling lama 3.000 tahun, usia maksimum hidup pohon saat ini, hanya sekali peristiwa tersebut tampaknya telah terjadi."
Penemuan ini dipublikasikan dalam catatan bulanan Royal Astronomical Society. (EpochTimes/sua)