Selasa, 08 Januari 2013

Beranda » » Gol Terbaik 2012 FIFA Puskas Award

Gol Terbaik 2012 FIFA Puskas Award

Gol Terbaik 2012 FIFA Puskas Award

Gol Terbaik 2012 FIFA Puskas Award

Zurich - FIFA Puskas Award 2012 menjadi milik Miroslav Stoch. Gol yang dibuat winger Fenerbahche itu dikukuhkan sebagai yang terbaik sepanjang tahun lalu, mengalahkan gol bikinan Radamel Falcao dan Neymar.

Stoch mendapat suara terbanyak dalam polling yang dilakukan FIFA melalui situs resminya. Penghargaan pada pemain asal Slovakia berusia 23 tahun itu dilakukan dalam Gala Dinner FIFA Ballon d'Or 2012 yang dilakukan di markas otoritas sepakbola dunia itu di Zurich, Swiss.

Gol indah Stoch dibuat saat dia tampil membela Fenerbahce menghadapi Genclerbirligi dalam lanjutan Liga Super Turki pada 3 Maret 2012.

Mendapat umpan dari tendangan sudut, Stoch yang berdiri tanpa kawalan beberapa meter di muka kotak penalti melepaskan tendangan first time dengan kaki kanannya. Bola yang sempurna dia tendang melengkung dan mengarah ke sudut kiri atas gawang Genclerbirligi.

Stoch mengalahkan gol solo run Neymar ke gawang Internacional. Mendapat bola sejak dari wilayahnya sendiri, Neymar langsung melakukan tusukan ke pertahanan lawan plus menghindari kejaran empat hingga lima pemain. Menjelang kotak penalti Neymar memperdaya dua pemain Internacional sebelum akhirnya mendahului kiper menceploskan bola ke dalam gawang.

Adapun gol Falcao lahir saat Atletico Madrid menghadapi America de Cali pada 19 Mei 2012, dengan proses yang mirip dengan gol Stoch. Sama-sama menyongsong bola hasil tendangan sudut, Falcao mencetak golnya dengan sebuah tendangan gunting akrobatik dari dalam kotak penalti. Si kulit bundar yang dia sepak menghujam gawang tanpa bisa dihalau kiper.

FIFA Puskas Award merupakan penghargaan FIFA atas gol yang dianggap terbaik sepanjang tahun. Sejak pertama diadakah tahun 2009 mereka yang pernah membawa pulang piala ini berturut-turut adalah Cristiano Ronaldo, Hamit Altıntop dan Neymar tahun lalu.

Lihat video gol Miroslav Stoch di sini